Rabu, 08 November 2017

Tips Memilih Domain Yang Bagus Untuk Website Anda

Gambar terkait

jasa pembuatan website di jakarta selatan - Memilih sebuah nama domain memang adalah pekerjaan yg tidak mudah, bahkan juga umumnya blogger pemula merasa kebingungan untuk mengambil keputusan kurang lebih nama apa yang pas untuk jadikan alamat website mereka. Domain ini diperlukan ketika seorang ingin buat sebuah website, dan dari sini keluar pertanyaan bagaimana caranya memastikan domain yang baik. Tenang, di artikel kesempatan ini saya juga akan sedikit memberi tips cara memilih dan beli domain yang bagus untuk website dalam hal semacam ini agar mudah diketemukan beberapa orang.

Mungkin kamu yang membaca tulisan ini yaitu orang yang betul-betul pemula dan belum juga mengetahui arti dalam pembuatan website, dan bertanya-tanya apakah itu domain. Menurut wikipedia pengertian domain yaitu seperti berikut ;

Domain yaitu nama unik yang didapatkan untuk mengidentifikasi nama server computer seperti situs server atau e-mail server di jaringan computer maupun internet. Nama domain berperan untuk memudahkan pemakai di internet ketika melakukan akses ke server, terkecuali juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa ada harus mengetahui jejeran angka yang rumit yang di kenal jadi alamat IP. Nama domain ini dikenal juga jadi sebuah kesatuan dari sebuah website situs seperti misalnya “wikipedia. org”. Nama domain terkadang dimaksud juga dengan arti URL, atau alamat website.

Berikut ini yaitu tips memilih domain yang bagus untuk website kamu agar mudah diketemukan di mesin pencari ;

1. Pilihlah nama domain yang sesuai sama nama atau bisnis anda 

Bila kamu ingin buat sebuah website yang mempunyai tujuan untuk jual product/jasa misalnya jual pulsa maka baiknya pilihlah nama domain yang berhubungan dengan pulsa. Contoh ketika kamu ingin buat situs (blog) dukungan bisnis pulsa, maka baiknya memakai nama domain ; pulsahemat. com|pulsamurah. com|rajapulsa. com, dan sebagainya. Sebelumnya mengambil keputusan memilih nama domain untuk website kamu baiknya kamu melakukan penelitian keyword terlebih dulu, upayakan agar domain kamu memiliki kandungan keyword bisnis kamu, memiliki keyword yang sering di cari banyaknya orang di search engine dan persaingan perebutan keyword yang tidaklah terlalu susah. Kamu dapat memakai pertolongan Google Kata kunci (keyword) Planner untuk memastikan keyword apa yang pas untuk penentuan nama domain kamu.

Jika kamu ingin membuat sebuah website/situs (blog) pribadi maka kamu dapat memakai nama lengkap kamu atau bila terlalu panjang kamu dapat memakai nama panggilan saja, karena domain yang bagus biasanya tidaklah terlalu panjang, contoh : kangtoha. com|masarif. com|dan beberapa beda. Silahkan berkreasi

2. Memilih nama domain yang mudah diingat 

Pilihlah nama domain yang mudah diingat, mudah disampaikan, atau dipahami. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar ketika kamu memberitahu seorang mengenai alamat website kamu baik melalui verbal atau tulisan maka orang yang kamu berikan barusan dapat dengan mudah kembali sekali lagi berkunjung ke website kamu. Jadi menurut irit saya pilihlah sebuah nama domain yang tidaklah terlalu panjang dan buat bingung orang yang lain.

3. Janganlah memakai nama domain yang buruk 
Jauhi penentuan nama domain yang memiliki kandungan image negatif seperti berbau SARA ataupun PORN karena ini juga akan memberi efek jelek pada website kamu dan pastinya berimbas pada diri kamu sendiri. Mesin pencari seperti google biasanya juga akan memblacklist sebuah website yang nama domainnya berbau SARA, bila ini terjadi maka juga akan beresiko pada jumlah pengunjung website kamu.

4. Jauhi pemakaian ciri-khas pada domain 
Yang disebut disini yaitu menambahkan ciri-khas pada nama domain, hal semacam ini sangat tidak disarankan karena dapat memengaruhi kemampuan SEO pada suatu website. Tapi apabila tidak sangat mungkin sedang kamu mentargetkan sebuah kata kunci (keyword) di mana nama domain itu telah dipakai maka kamu dapat memakai sinyal minus (-). Contoh kamu mentargetkan memakai nama domain bisnisrumahan. com sedang nama itu telah dipakai, apabila kamu masih tetap ingin memiliki nama domain yang serupa maka kamu dapat memakai nama domain bisnis-rumahan. com.

5. Janganlah Memakai Merk Dagang Perusahaan Lain 
Janganlah beli sebuah domain yang serupa dengan nama yang telah jadi merk dagang perusahaan beda, misalnya : lazada. co. id, amazon. com. Karena biasanya telah didaftarkan ke departemen tentang hak cipta apabila kamu nekat memilih nama domain yang serupa peluang besar kamu dapat dituntut oleh perusahaan yang memiliki merk dagang itu.

6. Beli Domain dari tempat yang terpercaya 
Jadi pertimbangan kamu dapat beli sebuah nama domain untuk website kamu ditempat yang terpercaya, dengan harga terjangkau. Salah satu registrar yang sering saya pakai yaitu pusathosting. com. Alasannya karena dukungan nya bagus, ini salah satu contoh situs (blog) gratisan yang saya belikan domain disana dan untuk sistem custom domainnya dibantu oleh pihak pusathosting, contoh ; www. kangrokim. blogspot. com jadi www. kangrokim. com. Untuk beberapa newbie yang kebingungan melakukan custom domain sangat dianjurkan beli domain disana hehe

Ada sekali lagi beberapa layanan lokal tempat registrar domain yang saya merekomendasikan, seperti ;

  • Domainesia. com
  • Niagahoster. co. id
  • jagoanhosting. com 
  • rumahweb. com 

Sekian tips cara memilih domain yang bagus untuk website kamu, dan mudah-mudahan artikel ini dapat memberi inspirasi untuk kamu yang tengah mencari sebuah nama domain yang pas untuk membuat situs (blog)/website.

Lihat juga : jasa pembuatan website di tangerang

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.