Senin, 29 Januari 2018

Tips Membuat blog SEO friendly

Gambar terkait

jasa pembuatan website murah - Membuat situs (blog) SEO friendly pasti memberi keuntungan besar, terlebih dalam soal menghadirkan pengunjung. Karena memang mengaplikasikan SEO yaitu salah satu jalan utama untuk menghadirkan pengunjung situs (blog) kamu. Bagaimana cara buat situs (blog) SEO friendly? Tips buat situs (blog) SEO friendly ini dapat kamu aplikasikan tanpa ada harus tahu bhs pemrograman situs yang rumit. Simak pembahasannya pada tulisan ini. Oiya, baca dahulu tulisan Apakah itu SEO bila kamu masih tetap pemula mengenai dunia Optimalkan Mesin Pencari karena saya asumsikan semua yang membaca telah memahami pentingnya SEO.

Cara Buat Situs (blog) SEO Friendly

Satu pertanyaan yang sering terlintas oleh beberapa blogger yaitu seperti apa ciri situs (blog) yang SEO friendly. Untuk menjawab pertanyaan itu, saya juga akan memberi bocoran mengenai apa yang baiknya kamu kerjakan untuk buat situs (blog) jadi lebih SEO friendly. Dengan ikuti tips berikut, semestinya tanda-tanda situs (blog) yang SEO friendly telah automatis kamu punyai.


  • Pastikan agar URL setiap post menerangkan isi tulisan. Jauhi permalink seperti www. bloganda. com/? p=123 atau www. bloganda. com/page1. html. Baiknya pakai judul tulisan kamu dan masukan keyword pada URL, misalnya : www. berliyanto. com/tips-membuat-blog-seo-friendly/ 
  • Pakai title tag yang unik dan memiliki kandungan keyword di setiap post. Kekeliruan yang sering dilakukan yaitu memakai title tag yang sama di setiap post. Untuk kamu yang buat situs (blog) dengan blogger maupun wordpress pasti tidaklah perlu cemas dengan problem ini, karena mereka automatis ambil judul post jadi title tag. 
  • Dalam setiap post, terdapat 1 buah heading H1 yang memiliki kandungan keyword. Heading H1 memiliki bobot yang besar untuk kelompok situs (blog) SEO friendly pastikan kamu telah memakainya. Pakai cukup 1 barangkali dalam satu post. 
  • Pakai heading H2 dan H3 yang memakai keyword. Sesungguhnya ini tidak harus meskipun berpengaruh positif untuk SEO, jadi pakai seperlunya. Cara pemakaianya dimisalkan seperti subjudul pada buku. Dan yang terutama heading ini dibarengi dengan tulisan yang relevan. 
  • Panjang artikel tidak kurang dari 300 kata. Janganlah menulis artikel yang terlalu sedikit, coba untuk buat post yang paling tidak lebih dari 300 kata. Janganlah juga buat artikel yang terlalu panjang karena pengunjung pasti juga akan malas membacanya. Baiknya artikel yang baik untuk situs (blog) yaitu 300 – 1000 kata. 
  • Sebarkan post di social media. Miliki artikel bagus sayang rasa-rasanya bila disimpan demikian saja menanti orang datang untuk membacanya, gunakan social media seperti twitter maupun facebook untuk menebarkan tulisan. 
  • Berikan ALT tag pada gambar. Bila kamu menambahkan gambar dalam post, pastikan telah menambahkan ALT tag yang memiliki kandungan keyword. Ingat kalau robot mesin pencari tidak tahu gambar, dengan sediakan ALT kamu menolong mereka untuk mengerti gambar apakah itu. Hal semacam ini harus dilakukan untuk buat situs (blog) SEO friendly. 
  • Berikan Link Tulisan beda yang berkaitan. Bila kamu memiliki beberapa tulisan dengan tema yang sama-sama terkait, maka buat link pada setiap post agar sama-sama tersambung. 
  • Tidak penuhi tulisan dengan keyword. Mesin pencari tidak bodoh, jadi janganlah fikir dengan menuliskan keyword sebanyak-banyaknya kamu telah dapat keluar di halaman pertama hasil pencarian. Pakai secupuknya. 
  • Menulislah untuk manusia, bukanlah untuk mesin pencari. Mesin pencari manapun senantiasa ingin meningkatkan algoritma yang dapat memisah post seperti seseorang manusia. Prioritaskan lah tulisan kamu agar menarik untuk di baca oleh pembaca, pasti beberapa mesin pencari pun juga akan turut tertarik. 
Kamu dapat melakukan 10 tips buat situs (blog) SEO friendly itu tanpa ada harus tahu pemrograman situs. Bila kamu memakai wordpress silakan pakai SEO Plugin untuk WordPress.

Setelah Buat Situs (blog) SEO Friendly

Setelah memiliki situs (blog) SEO friendly saat ini waktunya kamu berburu halaman awal Google. Saya akan tidak mengulas kembali cara memperoleh halaman pertama Google, hanya memberikan banyak hal yang perlu kamu kerjakan setelah kamu ikuti 10 tips sebelumnya, yakni :

  • Submit situs (blog) kamu ke Google Webmasters Tools. 
  • Pakai Google Analytics untuk memilai seberapa baik situs (blog) kamu di mata pengunjung. 
  • Coba untuk melakukan up-date post dengan teratur. 
  • Bertukar link lah dengan sesama blogger. Lebih baik bila bertukar link dengan situs (blog) yang memiliki tema kajian yang semacam. 

Demikian! Mudah-mudahan tulisan ini berguna dan setelah ini kamu telah memiliki Situs (blog) SEO friendly.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.