Rabu, 02 Agustus 2017

7 Tips Mudah Membuat Miniatur Rumah dari Kardus

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus

Miniatur rumah yaitu sebuah jenis dari bentuk rumah. Biasanya dipakai jadi alat bantu penampilan untuk pemasaran perumahan, rumah hewan seperti kucing, dan jadi mainan rumah-rumahan barbie punya anak kecil. Bahkan juga terkadang buat miniatur rumah jadi bagian pekerjaan dari sekolah.

Berikut ini kita akan mengulas cara membuat kotak kosmetik dari kardus. Bahan kardus sendiri adalah bahan yang sangat murah dan mudah di peroleh. Dari pada kita buang kardus bekas ke tempat sampah, alangkah sebaiknya kita gunakan jadi barang yang lebih bermanfaat.

Dalam buat miniatur rumah, kunci kesuksesan yang perlu kita aplikasikan yaitu dengan memberikan perincian realistis mengenai bagaimana bentuk rumah yang akan kita buat. Ambillah dari design rumah yang kita kuasai atau kita ketahui. Pakai dasar design dan peralatan kerajinan agar hasil jadi lebih maksimum.

cara membuat tempat kosmetik sederhana yang akan saya bahas berikut ini berniat saya catat bersama gambarnya agar sangat mudah buat kamu praktikkan dirumah. Terlebih dengan intruksi yang lebih komplit yang saya sertakan. Jadi janganlah cemas tidak untuk dapat membuatnya, karena baik bahan dan perlengkapan juga mudah untuk kita peroleh di sekitar kita.

Alat dan Bahan

  • Mencari kardus yang tidak terpakai di sekitar kamu, atau kamu dapat membelinya di tukang loak.
  • Pisau cutter. Pilih pisau cutter yang betul-betul tajam, agar hasil potongan yang dibuatnya rapi.
  • Bila kalian memiliki penggaris siku, itu semakin bagus untuk dipakai.
  • Pensil atau bulpen. Namun bila kamu masih tetap belum juga mahir, saya anjurkan untuk memakai pensil saja agar lebih mudah dihapus bila terjadi kekeliruan.
  • Pilih penghapus yang mutunya bagus.
  • Plastik transparan. Bahan ini opsional, karena kelak akan kita pakai jadi penutup jendela rumah.
  • Lem Kayu atau lem kastol. 

Nah, setelah mempersiapkan semua perlengkapan dan bahan pembuatan yang tercantum diatas. Kita teruskan pada step membuatnya berikut ini :

Persiapan Design Miniatur Rumah 

Pertama, kita akan buat alur miniatur rumah dari kardus yang akan kita buat. Bila kebingungan, kamu dapat mencontoh denah rumah yang kamu menempati saat ini atau dapat mencontoh gambar berikut ini. Kalian dapat juga mencari denah rumah di internet untuk rujukan denahnya.

Setelah mendapatkan design rumahnya. Saat ini kita menggambar design yang sudah kita miliki itu pada papan kardus. Upayakan gambar tempatkan di dalam bagian kardus. Lalu ukuran panjang dan lebar di setiap ruangan perbandingannya sama agar lebih mudah kelak dalam pemasangan bagian beda.

Pembuatan Dinding Miniatur Rumah 

Saat ini kita berpindah ke pembuatan dinding miniatur rumah. Tetapkan ukuran panjang potongan kardus untuk setiap dinding sama seperti yang diperlukan pada denah.

Lalu untuk tinggi dinding, cocokkan dengan lebar denah yang sudah kalian gambar agar tidak terjadi ketimpangan bentuk pada luas rumah dengan tinggi rumah nanti.

Saat memotong kardus dinding rumah itu, janganlah lupa juga untuk memakai pisau cutter kamu yang sangat tajam. Agar hasil pemotongan bagus dan tidak pelekatan pada bagian ruang nanti jadi lebih mudah.

Perekatan Bahan Antar Dinding 

Setelah bahan yang dipakai jadi dinding miniatur usai dipotong, saat ini kita akan merekatkan semua bagian itu jadi satu denah utuh untuk dindingnya saja. Pakai lem kayu yang telah kamu siapkan lalu beri pada setiap tepian kardus yang akan dipadukan.

Janganlah lupa selalu untuk memerhatikan kecermatan dan kerapihan. Karena dengan pemasangan yang benar dan rapi, akan memberi keseimbangan antar ruangan yang di ciptakan nanti.

Pembuatan Jendela dan Pintu 

Setelah bagian dinding semua terekat dengan baik, kita beranjak ke pembuatan jendela dan pintu untuk miniatur rumah. Bagian ini sesungguhnya cukup susah untuk dilakukan, terlebih untuk pemula. Tetapi janganlah cemas, tetaplah hati-hati dan cermat dalam membuatnya akan memberi hasil yang lebih baik.

Untuk jendela, silakan potong plastik transparan yang sudah disiapkan barusan. Cocokkan ukuran plastik dengan jendela yang ada pada dinding kardus miniatur rumah yang sudah di buat barusan. Kemudian, rekatkan plastik pada jendela yang ada dengan hati-hati. Dengan pemasangan plastik ini, efek kaca untuk rumah akan terlihat riil.

Berpindah ke pemasangan pintu untuk miniatur rumah. Silakan kalian potong kardus yang tersisa sesuai sama ukuran pintu yang ada pada miniatur yang kalian buat. Berikan lem kayu pada tepian kardus pada pintu, namun cukup hanya pada satu bagian saja. Agar tetaplah terlihat seperti pintu yang dapat di buka dan ditutup.

Sistem Pembuatan Atap Miniatur Rumah 

Saat ini kita menuju ke sistem pembuatan atap miniatur rumah. Menurut saya, ini yaitu sistem yang paling mudah untuk dilakukan, bahkan juga oleh kita beberapa pemula yang baru membuatnya. Karena systemnya seperti buat buku yang unik dan terbalik dalam pembuatan efek gentingnya.

Kamu tinggal memakai bagian dalam kardus jadi atap luar, bila kita saksikan di kertas kardus yang tebal, di dalamnya ada bagian yang bergerigi. Kalian dapat memakai itu jadi efek genting yang ada.

Atau bila kesusahan, kalian dapat memberikan kertas tidak tebal yang dilipat-lipat kecil lalu ditempelkan pada susunan atap rumah dari kardus barusan. Maka jadilah atap dengan efek genting yang riil.

Satu sekali lagi yang perlu di ingat. Untuk pembuatan bagian atap ini, menjadikan atap agar tetaplah dapat di buka tutup kapanpun kita ingin dengan kata lain tidak permanen. Tidaklah perlu dilekatkan pada dinding rumah yang sudah kita buat.

Step Paling akhir Pembuatan Miniatur Rumah 

Oke, sampai di sini kita telah terlihat sudah buat sebuah karya seni rupa tiga dimensi sederhana berbentuk miniatur rumah berbahan kardus.

Namun sistem ini masih tetap belum juga usai sampai di sini saja. Bila ingin tampil lebih menarik, kalian dapat memberikan dekorasi dan aksesori penambahan untuk miniatur rumah kamu.

Disinilah manfaat memiliki atap yg tidak permanen dari miniatur rumah minimalis. Kita dapat memberikan aksesori penambahan seperti kursi, meja, tempat tidur, dan sebagainya kedalam miniatur rumah kapanpun kita ingin.

Dan tidak cuma didalam miniatur rumah saja, kalian dapat memberikan aksesori di sekitar miniatur rumah ini agar lebih indah dilihat dari luar dan memiliki nilai jual lebih bila kalian ingin menjualnya di market.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.